Saturday, December 03, 2005

Bala-bala versus roti suriname

Senen kemarin ini si hubby minta dibikinin bala-bala (eta cenah ceuk orang Bandung) alias bakwan sayur yang digoreng, buat koleganya yang mau berenti - pindah team - Jumát kemarin. Ck.... ok dech teu nanaon. Hari rabu udah iris-iris sayuran dan dicuci, rencananya kamis malem mo nggoreng biar jumátnya bisa dia bawa. Kalo teu dicicil kitu mah mana si dodol garut ada waktu, emang pekerjaan pokok tukang jualan gorengan ?.

Nah kamis, pulang gawe bari jeung cape dan mau ngamuk, kulihat irisan sayuran di kulkas menunggu untuk diproses hh... masak dulu dech buat makan. Abis makan baru aduk-aduk buat gorengan. Eh.. begitu hubby pulang langsung bilang, "Nyun... ***maksudnya manyun, honey, lucu, cantik, rese loe Da, emang lagi ada maunya*** , Papa kan hari ini terakhir kerja, mampir yu.. kesana, kamu khan udah siapin kado dari tempat les ski buat dia minggu kemarin, pan ?. Si mertua teh waktu wintersport kemarin sempat diangkut ke RS karena keseleo waktu main ski. Nah sekarang mau diformat ulang kali style ski-nya, jadi kita kasih kado ski-les buat volwasenen (Pap. udah pensiun ini udah melebihi volwasen donk :-) Tapi dia tuh seneng pisan dapet kado itu.

Ancaman langsung dilancarkan. "Mau pergi ato mau bala-bala, lihat nih udah jam 18.30, belum makan, acara goreng-goreng mesti pergi-pergi lagi. Lagian hari minggu ini kita ketemuan kan ?" Lha pergi ke rumah mertua paling cepet 1,5 jam bolak-balik, belum kalo macet seputar amsterdam.

"Ntar kamu ajarin dech bagaimana caranya bikin, jadi besok pagi ik goreng sendiri" Percaya diri amat nih punya suami. Gak usah.. that's why.. malahan lebih lama lagi musti ada acara ngajarin segala.

Akhirnya setelah bersungut-sungut pergi juga, dan jam 22.30 baru nyampe lagi rumah. Dia langsung sibuk siapin wajan (karena frituur-pan udah ik usir ke garage gara-gara lapisan lemak yang lengket dan males untuk bersih-bersih), minyak, dll. Adonan siap terus acara goreng berlanjut ampe jam 24.00, afzuigkap ik format sampe sedotan tingkat edun, ventilasi dapur juga buka, tetep we kecium ... langsung mandi karena bau gorengan.

Pagi-pagi jumát biasanya telepon berdering di tempat kerja mengabarkan kalo bala-bala habis total dan semua orang suka, ditunggu ampe jam 2 kagak juga, akhirnya ditelepon. Dia terima dengan tidak antusias, dan bilang sibuk ntar sore aja cerita di rumah dia bilang. Pasti ada sesuatu yang tidak beres.

Pulang ke rumah dia tampak lesu, "kenapa mas... cape ato kebanyakan mikir ?" Dia bilang, "Semua orang di kantor kepayahan, ik bawa segunung bala-bala, Vincent bawa segunung pastel ayam, Ab yang punya hajat bawa segunung Roti Suriname isi telor bumbu pedas dan berkardus-kardus taart yang sama sekali ga laku. Yang laku keras roti suriname, bala-bala dan pastel. Sialnya itu roti udah pedas makin digigit makin kerasa enak pedasnya sekarang ik sakit perus minta ampun" Semua orang skip makan siang (terang aje... semua makanan yang bergunung-gunung mo dikemanain ? ". Bahkan ada orang-orang yang bawa sisa pulang, masih banyak sich.

Malem-malem pas nyusur rak-rak di supermarket waktu belanja dapet SMS dari Ab "Aida, thanks berat, bala-balanya enak sekali ". Nah tuh... serasa dihargai dech kerja keras ik semalem. Pulang belanja dia langsung melarikan diri ke WC, sampe subuh ini dia udah balik-balik ke WC beberapa kali dan dia tampak lesu darah karena mencret....!!