Thursday, March 02, 2006

Perjalanan penuh doa

Pagi ini salju lagi...... aduuuh kumaha nya, bukannya saya tukang ngeluh tapi sorry aja, salju memang indah tapi kalo udah kegiles-giles jadi es itu musibah. Seperti hari kemarin, kulalui lagi panti jompo dengan pelataran parkir yang putih tertutup salju, koq gak seindah kemarin ya.. ?? Ember loe, kemarin aja sok sentimentil !

Jalur sepeda sepanjang taman kota sedikit licin, dan begitu nyebrang jalan pemisah kelurahan mulai dah... sepedahan dengan gaya unik antara jaga keseimbangan dan akrobat diriingi doa-doa sepanjang jalan semoga tidak terjatuh. Sakitnya mungkin gak seberapa karena udah mengalami beberapa kali, tapi hinanya itu lho ?!

Nyampe di pelataran parkir tempat ngeburuh kumasukkan sepeda ke saung sepeda yang ada disana. Setelah kukunci aku jalan pelan-pelan menuju pintu utama ke ruang resepsi. O ya... hari ini si dodol tidak mempedulikan penampilan, biasanya sepatu dan baju dicari yang ngepas warnanya tiap hari, jangan sampe tabrakan. Tapi masalah ke-trendy-an hari ini dilupakan, karena keselamatan lebih penting. Sepatu yang dipake pun akhirnya sepatu gunung, yang cengkramannya kuat kalo jalan di jalanan licin ber-es. Jas yang dipake pun jas winter butut yang kalo jatuh dan sobek juga ga sayang.

Tiba di meja, satu dua orang pun berdatangan. Si koordinator geblek dateng dan langsung ngoceh lagi tentang tetek bengek yang terjadi seputar anak, suami, rumah, saudara, ibu, ipar, kerabat, tante, oom, harga sayur di supermarket dll. sampe ke anjing tetangga yang mati juga jadi topik pembicaraan. Uh... untung posisiku memunggungi dia jadi gak usah bereaksi kalo dia ngomong. Sesudah ngebusa sampe jam 11-an baru dia berenti karena harus ke atas. Dia itu berenti ngomong kalo neguk minuman ato makan doank. Heran perusahaan masih melihara orang kayak gitu ? Seharian dibayar cuma buat minum kopi dan ngoceh. Kalo semua orang dibayar seperti itu siapa yang nolak ?

Ingat si belegug... ? Ya dia datang juga hari ini setelah bercerita tentang anjing bapaknya yang keadaanya membaik. Jam 11.00 dia pulang ke rumah (enak pisan). Jam-jam dilalui tanpa terasa sudah jam 14.30. Tiba-tiba telepon berdering lagi, tebak siapa coba ? Belegug...? Pinter...... dia telepon kalo besok gak akan dateng karena anjing bapaknya sakit lagi. Dan eeeeecht......echt waaaar, tuh anjing musti dibawa besok, jadi HARUS libur ! Kalo orang sini pasti bilang "Jesus... mina", tapi kalau si dodol bilang "Kampreeet.... libur lagi loe !" Kudoakan semoga anjing bapakmu cepet sembuh dan engkau segera sadar gak bolos-bolos kerja terus, kayak perusahaan emaknya aja.

Aku menunggu wonder biar orang-orang geblek dan males itu kerja, dan kerjaannya gak bolos dan ngoceh melulu. Perjalananku masih panjang, doaku masih harus terus kupanjatkan agar aku lebih sabar menghadapi orang-orang geblek dan sedeng, agar orang-orang sableng dan sedeng itu segera sadar, tahu diri dan gak bermuka beton lagi. (kalo muka badak cuma berlaku di Indo kayaknya), agar kemalasan mereka itu diganti dengan kerajinan yang tiada taranya. Semoga Tuhan mendengar doaku yang mungkin kedengarannya keterlaluan dan terlalu menuntut, tapi itulah keinginan si dodol yang cepet marah kalo lihat sesuatu yang tidak adil terjadi di depan mata.

Jam 15.00 si superbelegeug sableng turun lagi ke bawah, apa yang dia perbuat ? Angkat telepon dan telepon anaknya yang masih berumur kurang dari 14 bulan, "halloo.... aummm.... ciluk..... baaaahhhhh..... hai...hai... met mama... mammmma.... yak... mammmma....halloo.... baaah.... buuuuaaah..... yak.. yak....ahuuummm.... etc.etc. " selama kurang lebih 40 menit. Setelah itu kupas-kupas buah, makan dan ngoceh sama seorang tenaga kerja dari biro tenaga kerja yang kita sewa beberapa bulan belakangan ini. Ya... mana ada yang nolak dibayar kalo kerja cuma buat ngobrol dan ngopi gratis. Dzighhh....

Tuhan, ada ya orang-oarng kayak gitu ?