Saturday, March 25, 2006

Swamihku tukang rem..!!

Tinggal tiga hari lagi kerja sebelum si dodol pulang ka Garut, wuah... rasanya bener-bener dech. Baju-baju udah dodol susun, kado-kado udah dibungkus rapi. Tinggal ngepak, tapi musti juga bersihin rumah dan nyetrika, udah ada tiga keranjang penuh cucian yang nunggu disterika.

Oya si dodol teh keilhaman pingin beli tas baru dengan alasan kalo pulang ka Garut, itu tas diperlukan untuk segala macem karena bukan saja barang dodol, tapi juga tetek bengek punya swamihnya. Dodol maunya beli (lagi) Kipling.

Swamihnya rada kaget terus bilang "Honey, itu tas kamu teh masih berkrat-krat di atas dan banyak yang belum dipake kenapa mau beli lagi ?"
Dodol, "Ya.. tapi itu gak cocok"
Swamih, "Gak cocok kumaha... tuh si richard (monyet kipling merah) belum dipake, si deborah (onyet merah bata), francesca (onyet merah lagi), si unang, si engkos, si atun, si tole... DAN TEMAN-TEMANNYA mau kamu apain ?"
Dodol,"Tapi saya mau yang hejo.... keluaran baru!"
Swamih, "Tapi kamu pan punya yang hejo, yang matchingan sama sendal tea, inget gak kita beli di spanyol ?"
Dodol, "Eeeh.. hejo sih hejo tapi eta mah bukan onyet kang, saya sekarang bicara tentang si onyet kipling"
Swamihnya *** gubraaaakkk ***

Jum'at malem kemarin mitoha telepon.
Mitoha "Ponsel pesenan mama yang baru udah ada, keren !"
Dodol, "Ooh.. selamat mam, kapan mo diambil ?"
Mitoha, "Besok sabtu".
Karena waktu itu si dodol lagi asyik-asyiknya baca, setelah ngobrol ngaler-ngidul sedikit, dodol nanya, "Mam, mau ngobrol sama swamihku gak ?"
Mitohaku malah ngikik...ngikik, "Ok dech, give me my son" dia bilang.
Setelah mereka ketawa-ketiwi, tiba swamihku bertanya "Honey, besok kita ke De Zilk gak ?" (De Zilk itu kampung mertua).
Dodol,"No.. gak ada rencana tuh pan masih banyak yang mo dikerjain di rumah"
Swamih, "Iya tapi mama mo minta dianter ambil telepon, dia gak mau pergi dan nyetir sendiri, papa khan lututnya masih dibungkus gak bisa ikut (deui...deui...cilaka waktu main ski 2 minggu yl. di austria) teu kapok-kapok, mungkin lututnya dia udah loncer.
Dodol,"Vooruit... hayu teu nanaon"

Sabtu pagi.... aktifitas berjalan seperti biasa, tapi swamihnya stanby-call, dan asli kerja pagi itu dimeja makan sambil ketak-ketok dengan laptopnya, ponselnya berdering ampir tiap 5 menit sekali. Teu baleg.... nih pikir dodol. Akhirnya si dodol ngeloyor sendiri ke tukang roti ambil pesenan yang dipesen hari jumátnya, soalna kalo gak dipesen selalu aja keabisan.

Jam 12.00 teng swamihnya berhenti kerja dan setelah minum teh dan makan roti kita cabut ke rumah ortunya dia. Setelah makan sup tomat di rumah mertua kita cabut lagi ambil telepon. Menyelusuri passage di pusat pertokoan, si swamih bilang gini, "Honey, kalo kamu beli tas berarti akang juga boleh beli kamera digi yang baru"
Dodol, "kumaha kamu mah kalo istri ada kemauan teh kaya balapan wae, kamera itu harganya bisa 10x lipat tas, memangnya kamera digi kita rusak, kan nggak ?" (disini si dodol gak sadar, padahal maksud swamihnya, "elo juga masih banyak tas yang udah elo beli tapi kagak dipake!")
Swamihnya "Ya.. teu nanaon atuh, boleh kan lihat-lihat"
Setelah culang-cileung di toko tas, ternyata tas onyet kipling tidak seperti yang kuharapkan, hampir semua modelnya bertali, dodol gak suka nanti kalo bawaan ngaburulu di alun-alun Bandung pan repot, mana rea angkot jeung loba copet deui pasti pabaliut. Dodol sukanya yang aman pake ritsluiting, seleting ceuk orang sunda mah. Setelah mbolak-mbalik ternyata gak ada yang sreg akhirnya dodol keluar.

Terus mampir ke toko kamera lihat kamera digi, ada yang baguuuus.. pisan, ukurannya 1,5 kali kotak korek api kecil, ketebalan 1 cm. Hmmm... harganya sama dengan tiket pulang balik ke Indo, si swamih rada mikir dan nanya, "kumaha hon ?"
Dodol, "Not a good idea, dengan uang segitu kita bisa pake buat yang lain, toh kamera kita juga belum rusak"
Swamih, "Kamu masih mau beli tas ? "
Dodol, "Gak... aku pake si onyet merah aja pas pulang, tuh rugzak lumayan juga kan isinya cukup untung barang-barang kecil kita kalo pergi-pergi"
Tiba-tiba dipeluknya diriku, " Terima kasih, kau ternyata bijak. Aku gak melarang kalo kamu mau silakan, kamu juga hard work untuk itu koq ** yee.. emang ikke kerja cuma ngumpulin duit buat beli tas? ** tapi aku akan lebih senang kalo kamu beli sesuatu itu karena kamu butuh bukan hanya karena kamu mau"

Ach... swamihku itu ternyata tukang ngerem juga, ziga sopir angkot wae. Jangan-jangan dia bilang mau kamera digi yang baru itu sekedar taktik buat menunjukkan kalo dodol tuh gak boleh beli sesuatu cuma karena impuls doang. Malemnya setelah eling... dodol bersyukur juga gak jadi beli. Toh si richard, si deborah, si francesca, si unang, si engkos, si atun, si tole... dan teman-temannya semua ngejogrok di krat menunggu giliran untuk dipake.Maafkan aku wahai tas-tas, dikau kayak ikan pindang dientep di krat, giliranmu akan tiba.