Friday, December 22, 2006

Borelen

Tradisi dari taon ke taon di tempat nguli sebelum Natal ada "borel"-an (xixixi.. di indonesiakan aja, kalo dikasarin borelen teh artinya minum-minum. Eits... jangan salah sangka dulu, bukan acara mabuk-mabukan, acara ya pertama cekakak-cekikik sama kolega (sok akrab padahal geuleuh satu sama lain siah sok ngaku !) sambil minum jus d'orange, appelsap, ato yang hobby minum wine sampe mukanya merah karena ga kebiasa (jangan maksa atuh mbak :-D) diakhiri acara makan-makan. Tuk beberapa orang bener-bener acara minum, baca paragraf selanjutnya...

Dua taun terakhir ini si dodol duduk di komisi borel :-). Kebagian masak lagi sambel goreng telor sama telor kecap 100 biji kaya taon kemarin yang laris manis. Ditawarin rendang gak mau (sinting, padahal rendang lebih enak). Kolega yang lain ada yang bikin pizza turki, sate ayam, berbagai macam nasi, bami, drumstick, aneka sayuran dll. Sayangnya taun ini Lien mengundurkan diri gak mau ikutan lagi bikin lumpia. Dia bilang "Geuleuh gue bikin lagi lumpia, dihina-dina ama orang vietnam lain, katanya gak enak !!" . Lho Lien aku khan pemuja lumpia vege-mu, biarkan orang vietnam lain menggongong, tuh si dodol deker (continously) wae makan lumpia. Cin juga gak bikin udang gulung lagi, hhh.. merana dech. Yin en Yang ..? itu mah bukan kolega saya atuh. Eta mah lambang ceweq-cowoq a la China, bukan ?.

Pendek kate, tuh acara borel dari jam 15.00-19.00. Para bibi-bibi dan mamang-mamang (aka dodol cs.) sebok di dapur kantin, ada yang jagain makanan, ngegulung pizza turki, ngangetin makanan, nyuci (gelo siah... jadi serasa jadi pegawe restoran). Jam 18.55 semua cucian dah beres (dodol liat jam terus), sebagian besar orang dah pada pulang dengan perut kenyang, tinggal beberapa orang ca. 20 orangan yang terus aja deker minum bier, wine, sap, whatever. Nah para bahlul itu neguk minum ditinggal, bolak balik lagi ambil lagi gelas bersih, yang again harus kucuci berkali-kali, emang gue pembokat ente. Emang gak cuci pake tangan, tapi tetep aja masukin cuciannya manual. Malah dodol masih sempet judesin orang yang ambil gelas terus-terusan, padahal acara udah selesai. Kasih muka aseeeeemm... asli !! Tuh orang sampe nunduk jalan, hi..hi..hi..

Jam 19.05 dodol bener-bener zat (kenyang, mabok, teler dan cape) dan ngurusin dan beresin segala macem, tapi yang gelo-gelo itu masih tetep minum kayak takut kehabisan. Zoek maar lekker zelf uit... loe urus diri sendiri dah, gue pulang....

Sisa cucian..... gue gak mau tahu, ada ibu kantine Pia dan Rosa yang masih disana juga Koos yang udah semuanya dipermisi-in pulang. Pulang di jalan macet...untung jaraknya deket. Nyampe rumah si demplon sudah nunggu dengan harumnya (maksudnya dia dah mandi sementara bininya bau dapur). Dia ga mau peluk karena gue bau jaringao, apa itu... i don't know. Almarhumah ibu yang selalu bilang kalo orang baunya ampun-ampunan, itu bau jaringao.

Habis mandi kutolong ibu.... eh turun ke bawah minum teh sama demplon dan si Aelgi pun mendekat sambil dengkur-dengkur mau dielus.

SELAMAT HARI NATAL DAN TAHUN BARU 2007
UNTUK TEMAN-TEMAN DAN KELUARGA YANG MERAYAKANNYA

Salam,
Dol, Demp, Aelgi